Tips Jitu Tidak Tertipu Oleh Giveaway Palsu

 Ucapkan Selamat Tinggal Pada Giveaway Bodong😏

Tips Jitu Tidak Tertipu Oleh Giveaway Palsu
Tips Jitu Tidak Tertipu Oleh Giveaway Palsu
Menang giveaway mungkin memang menjadi suatu hal yang diidam-idamkan semua orang saat ini karena siapa sih yang tidak suka hadiah gratis ya kan. Namun, mimin sepertinya perlu memberitahu bahwa banyak sekali oknum yang memanfaatkan giveaway ini sebagai alat untuk melakukan tindakan yang tidak bertanggungjawab seperti melakukan penipuan, mencuri data pribadi, maupun hal-hal lainnya yang dapat merugikan kamu sebagai peserta giveaway. 
Pada artikel kali ini mimim akan meberikan tips mengetahui ciri-ciri giveaway bodong atau palsu sehingga kamu bisa menjadi giveaway hunter yang cerdas dan bijak. Yuk kita kenali ciri-cirinya.

Akun Penyelenggara Tidak Menyakinkan

Tips Jitu Tidak Tertipu Oleh Giveaway Palsu
Sumber: Unsplash
Cara yang paling mudah untuk mengetahui apakah giveaway ini asli atau palsu adalah dengan melihat akun dari penyelenggara giveaway tersebut. Setidaknya ada 2 hal yang perlu kamu amati, yakni:

1. Followernya
Kamu perlu melihat dan mengamati aktivitas yang terjadi dari follower atau orang yang mengikuti akun tersebut. Apakah ada interaksi yang dilakukan oleh pengikutnya terhadapat setiap postingan dari akun  penyelenggara. Kamu bisa melihat dari segi like dan komennya. 
Dari segi jumlah followers kamu bisa melihat apakah followers yang dimiliki itu asli atau ada indikasi followers tersebut merupakan hasil membeli. Kamu dapat mengenalinya dengan cara melihat lebih banyak akun lokal atau akun bulenya. Jika kamu melihat banyak akun bulenya kamu perlu mewaspadai akun tersebut. 

2. Postingannya
Kamu juga perlu melihat dan mengamati psotingan yang telah dibagikan oleh akun penyelenggara giveaway tersebut. Jika akun tersebut sering membagikan postingan itu pertanda baik. Namun, jika akun tersebut tidak memiliki postingan selain postingan giveaway kamu perlu mencurigai akun tersebut. 
Kamu juga perlu melihat jika akun tersebut pernah melakukan giveaway, apakah ada informasi terkait siapa pemenangnya. Jika tidak ada bisa saja giveaway kali ini juga tidak akan ada info pemenangnya. 

Kebijakan Syarat, Ketentuan, dan Privasi Tidak Jelas

sumber: Unsplash
Jika kamu hendak mengikuti giveaway yang mengharuskan kamu mendaftar disebuah situs web/website, kamu perlu memperhatikan bagian kebijakan syarat, ketentuan, dan privasi atau biasanya tertulis Term and Condition/Privacy Policy. Hal ini sangat penting karena tanpa adanya bagian tersebut dapat menandankan bahwa tidak ada kebijakan yang jelas terkait giveaway tersebut. 
Kalaupun ada, kamu juga sangat perlu untuk mengetahuinya secara detail karena bisa saja dengan mengikuti giveaway tersebut kamu dianggap bersedia menyebarluaskan data kamu yang nantinya berpotensi untuk merugikan kamu sendiri.
Mimin tau kalau membaca itu memang tidak mengasyikkan, namun jika kamu memang ingin mengikuti giveaway yang gratis, kamu perlu menjadi orang yang sedikit bijak dengan mengetahui konsekuensi dari apa yang kamu lakukan. 

Jangan Melakukan Pembayaran ke Penyelenggara

Tips Jitu Tidak Tertipu Oleh Giveaway Palsu
sumber: Pixabay
Jika sedari awal tidak ada keterangan bahwa kamu perlu melakukan pembayaran seperti biaya pengiriman, registrasi, pajak, dan biaya lain-lainnya, kamu jangan pernah mau melakukan pembayaran dengan alasan apapun kepada penyelenggara. Motif ini terbilang klasik atau banyak dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab karena mereka akan memanfaatkan momen kebahagian kamu menang giveaway dengan meminta kamu melakukan pembayaran padahal sedari awal tidak ada ketentuan tersebut. 
Ketika kamu merasa bahagia menang Iphone 12 contohnya, kamu akan cendurung tidak keberatan untuk melakukan pembayaran karena kamu merasa bahwa tidak rugi mendapatkan hape mahal hanya membayar dengan nominal tertentu. Hal ini lah yang dimanfaatkan oleh oknum sehingga kamu jangan sampai tertipu yaa. 


Sekian info tips jitu tidak tertipu oleh giveaway palsu, semoga bermanfaat bagi kamu. Mimin mau bilang bahwa dimasa saat ini banyak oknum yang sengaja melakukan penipuan demi keuntungan pribadi mereka sehingga kamu perlu menjadi giveaway hunter yang cerdas dan bijak yaa. Sudah siap menjadi giveaway hunter yang cerdas dan bijak? Yuk ikuti giveawaynya disini.

Comments

Post a Comment